20 Juli 2017

Q&A bersama mba Ike Pratiwi Tentang Home Schooling

Resume Diskusi 30 Menit Lebih Dekat Bersama TIM Nasional Institut Ibu Profesional
------------------------------------------------------


Guru Tamu: Ike pratiwi
Wilayah: Bekasi 2
Fasilitator : Tika Waliyah
Waktu : 13.00-13.30
Peresume: Iis Istianah Firmasari


T: Assalaamu'alaikum..
Ahlan wa sahlan mba ike.. saya anna..
Saya tertarik melihat profil mba Ike yang aktif dalam HS, bagaimana langkah untuk memulai HS?
Kemampuan apa sajakah yang diperlukan pendidik (dalam hal ini orang tua) untuk mempersiapkan diri untuk mengajar HS?
Terima kasih ☺


J: Langkah untuk memulai HS :
* Orangtua harus belajar dan paham betul tentang apa itu homeschooling dan segala pernak - pernik tentang homeschooling.
* Punya Tujuan, Visi, Misi pendidikan keluarga
* Learning (mengikuti webinar, seminar, baca buku atau pengetahuan lain tentang HS), Sharing (berbagi pengalaman dengan teman seperjuangan), Networking (berkomunitas). ✅



T: Kemampuan apa sajakah yang diperlukan pendidik (dalam hal ini orang tua) untuk mempersiapkan diri untuk mengajar Hs?
J: Pemahaman tentang gaya belajar anak, karakter, kepribadian, kapasitas otak berdasarkan tumbuh kembangnya. ✅


T: Mau tanya ahh
Apa suka duka jadi bu sekjen?
Apa suka duka HS? Pernah salting ato kekurangan ide ga pas HS🙈
Bunda produktif fersi mba ikhe apa?😄
J: Apa suka duka jadi bu sekjen? ➡ Tantangan saya serasa dikejar-kejar DL 😂. Sukanya : perjalanan hidup saya jadi lebih bermakna. ✅

T: Apa suka duka HS?
J➡ Tantangan saya sampai saat ini masih bejibaku dengan manajemen waktu. Sukanya : bonding antara saya dan suami ke anak semakin hari semakin kuat. Begitupun juga sebaliknya. ✅

T: Pernah salting ato kekurangan ide ga pas HS🙈 ➡
J: Alhamdulillah ada saja ide sederhana yang kami dapatkan dari keseharian. ✅

T: Bunda produktif fersi mba ikhe apa?😄 ➡
J: bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan bermanfaat bagi banyak orang (masyarakat, komunitas)✅


T: Bagaimana cara mb ika menjalnlan hs d rumah? Bgmn membagi waktu antara hs dan organisasi?
J:
Saya pribadi tidak memisahkan antara HS dan organisasi, karena sejatinya ini berkesinambungan. Anak lihat aktivitas saya. Jadi ketika saya sedang berorganisasi baik online maupun offline, anak juga belajar dari rutinitas saya. Bertanya banyak hal, dan saya pun menjawab rasa ingin tahu anak saya. ✅


T:Salam kenal mbak ikhe... senang berkenalan dgn mbak ikhe yg mempunyai segudang aktifitas namun tdk mengenyampingkan hak anak2. Share tips untuk sll bisa fit dlm setiap kondisi donk mbak, entah knp saya koq mudah ngedrop ya jika menjalani aktifitas2 yg berentetan, dan berdampak jg kpd pendampingan anak yg kurang maksimal.. 😢
Trimakasih mbak... 😊😊
#maafkeun jika klo keluar dri konteks..


J: Selain makanan, olahraga, rohani, istirahat, dll, Tips saya adalah selalu berpikir positif, suka mengukur kemampuan diri saya, tidak terlalu memaksakan diri. Untuk pendampingan anak, saya sering berkomunikasi dengan suami saya, memback up anak. ✅


T:Mba ikhe apa pas menentukan hs mba ikhe beresin dulu ranah bunda sayang dan bunda cekatan? Saya masih pe er banget yg ini, apalagi masuk ranah bunda produktif


J:Tidak mba..untuk bunda sayang & bunda cekatan beresin nya sambil jalan,
Karena awalnya, saya lebih dulu mengenal HS baru kemudian mengenal Institut Ibu Profesional. ✅


T:Selamat dtang mba ikhe..  mau nanya : bagaimana memposisikan diri sbgai istri jika suami ikut tinggal drumh org tua (tinggal ibu) istrinya . Solusi pindh blm bisa krna walau sudah ada rumh sndiri tp ibu sang istri tinggal sendirian


J: Posisi sebagai isteri, tugas, dan kewajiban kita, tidak jauh berbeda ketika kita berada di rumah sendiri (bukan rumah orangtua) walaupun tinggal bersama.✅


T:Bagaimana cara mba ikhe menemukan binar2 dimata ananda? Dalam menemaninya belajar


J: Saya berikan stimulus Multiple Intelligences sesuai dengan Gaya Belajarnya ✅


T:Assalamualaikum mbak Ikhe. Pertanyaan saya. Kelebihan apa yg ada di hs ketimbang sekolah formal..  Dan Ada tdk Sisi kekurangan dlm program hs Itu sendri..
J:


T:Mba Ikhe, apa pedoman mba selama menjalani hs? Adakah bukunya?
Bagaimana dg kurikulum yg diajarkan pd Hs?
J:


T: Kepo lg.. Mba ikhe kan lulus s2. Apa pernah ada pandangan dr org lain seputar lulus s2 tp jd ibu rumahtangga? Bagaimana menyikapinya?#curhat
J:


T: Ketika mencari fasilitator HS Adakah kriterianya yg harus diperhatikan oleh orgtua?
J:


------------------------------------------------------


Kelas matrikulasi institut ibu profesional bekasi batch 4

Tidak ada komentar: