30 Juli 2017

#NHW9 : Bunda Sebagai Agen Perubahan

Nice Homework 9
Bunda Sebagai Agen Perubahan 


bismillahirrahmaanirrahiim.
ga kerasa, ternyata kelas IIP sudah memasuki pekan ke - 9, yang artinya kita sudah memasuki di penghujung waktu. 
dan alhamdulillah, perubahan-perubahan saya rasakan selama saya terus menjalani apa yang telah saya pelajari di IIP.

untuk pekan ke 9 ini, kita mendapatkan NHW berupa planning output. Yang berisi pesan bahwa:
Everyone is a changemaker - IIP

Untuk itu kita diharuskan untuk mengisi table yang menggambarkan planning-planning output kedepan.
yang mempunyai rumus: 


*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*


Social Venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga kita bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

nah, tablenya saya ganti point saja ya, hehe


Minat, Hobi, Ketertarikan
Kaligrafi, Menggambar, Menulis, Kesekretariatan

Skill, Hard, Soft
Designer, Creator, Enterpreneur

Isu Sosial
Kaligrafi -> cukup sulit membeli alat dan bahan
Menggambar (hijabusana, busana muslim syari) ->  remaja lebih menyukai busana muslim yang trendy ketimbang yang syari
Menulis (tausiyahku) -> kurangnya minat membaca buku di kalangan masyarakat
Enterpreneur -> Menjamurnya perusahaan travel yang komersil (memasang harga murah namun kurang tanggungjawab utk memberangkati

Masyarakat
Remaja
Rumah Tangga
Pengguna Media Sosial

Ide Sosial
Kaligrafi -> Sixteenth Gallery
Menulis -> tausiyahku
Menggambar, desain -> hijabusana
Kesekretariatan, enterpreneur -> elharamain wisata


Sebenarnya saat ini saya sedang menjalani peran sebagai penulis buku, penyelenggara travel  haji umrah dan juga mempunyai usaha busana muslim yang saya produksi sendiri. tapi jujur saya kurang baik dalam manajemen waktu, sehingga NHW yang seharusnya menjadi jembatan agar saya lebih pandai dalam mengelola waktu, namun karena demi menggugurkan suatu kewajiban di tengah kesibukan, akhirnya NHW menjadi ala kadarnya :(

smoga saya bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya, terutama dalam manajemen waktu.
terimakasih IIP, beruntungnya saya bergabung disini, banyak manfaat yang telah saya ambil.
jazakumullah khairan katsiran




Tidak ada komentar: