17 Juni 2017

#NHW5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar

Nice Homework 5
Learning How To Learn


untuk NHW ke 5 ini kami mendapatkan tugas untuk membuat desain belajar masing-masing. Awal-awal saya mencoba mencari tahu tentang apa pengertian desain pembelajaran, macam-macam dan bagaimana dalam pelaksanaannya.


Setelah mencari tahu dan browsing internet. dari sekian banyak pengertian desain pembelajaran, menurut Ely (1979)  pengertian perencanaan pembelajaran adalah suatu proses dan cara berfikir yang dapat membanttu menciptakan hasil yang diharapkan. Pendapat ini mengemukakan bahwa suatu perencanaan membutuhkan target yang akan dicapai atau yang sebagaimana diisyaratkan oleh Ely dengan kata 'hasil' yang harus dicapai.

Dengan itu saya pun merancang desain pembelajaran sebagai berikut:

1. Keinginan yang kuat untuk menguasai suatu ilmu
dan ilmu yang ingin saya kuasai adalah ilmu parenting. Mengapa harus memiliki keinginan yang kuat? sebab ketika kita sudah mempunyai keinginan, maka akan lebih mudah untuk menumbuhkan semangat dalam mempelajarinya.

2. Mencari Tahu
Setelah memiliki keinginan, maka mulailah untuk mencari tahu. Mengumpulkan informasi bagaimana cara untuk mendapatkan ilmu tersebut. baik dari sumber ilmu, teman-teman yang memiliki kesamaan visi, dsb

3. Menyusun Strategi
Setelah mendapatkan cukup informasi mengenai sumber ilmu, maka saya akan menyusun strategi agar dapat meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu tersebut. Mulai dari masuk komunitas tentang kekeluargaan-parenting,  membaca buku-buku tentang parenting, mengikuti kulwaap seputar parenting dan tentunya agar dapat  terus menjaga semangat sayapun juga membutuhkan teman-teman yang sevisi dan bersemangat dalam menuntut ilmu.

4. Mengaplikasikan dalam keseharian
karena sekedar teori tanpa pengaplikasian dalam dunia nyata adalah sia-sia. maka saya akan mencoba mengamalkan apa yang sudah didapat dari belajar ilmu parenting ke kehidupan sehari-hari.

5. Mengevaluasi Diri.
sejauh apa ilmu yang sudah didapatkan dengan pengaplikasian ke kehidupan nyata? 
apakah ada perubahan yang terjadi baik dari diri saya maupun keluarga saya ketika saya telah berusaha mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata?
apakah saya sudah maksimal dalam menjalaninya?
adakah yang perlu diperbaiki?
ya! tentunya evaluasi sangat penting untuk menunjang perbaikan lagi dan lagi.









Tidak ada komentar: