10 Juni 2017

#NHW4 : Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah

Bismillahirrahmaanirrahiim..


berikut #NHW4 nya..


a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Sampai hari ini saya akan tetap memilih ilmu parenting yang akan saya fokuskan untuk pelajari dalam Universitas Kehidupan ini; seperti apa yang telah saya jabarkan di #NHW1.


b. Mari kita lihat di Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi chcklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk terpicu "memantaskan diri" setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Jujur saja, meskipun saya belum merevisi #NHW2 dengan menyertakan targetan waktu, namun dalam realisasinya, saya sudah menerapkan daily checklist dalam memperbaiki diri, memprodukttifkan waktu. dan Alhamdulillah ketika saya berusaha dan berhasil memenuhi daily checklist setiap harinya, ada kepuasan dalam hati saya; merasa lebih efektif dalam menggunakan waktu yang ada. Semoga daily checklist ini bisa menjadi rutinitas yang istiqomah, sehingga saya bisa lebih produktif dan bisa lebih baik dari hari yang kemarin.


c. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat. 

Semenjak sekolah, saya memang sering mengabdikan diri dan waktu saya sebagai pengurus, baik dalam komunitas maupun organisasi. Dulu, niat saya hanya ingin memanfaatkan waktu untuk kebaikan. Karena seorang pemuda, jika dirinya tidak disibukkan oleh kebaikan, maka dia akan lebih condong pada keburukan.
Pun, ketua organisasi saya pernah berkata: Jika kita memasuki sebuah perkumpulan, baik itu sebuah organisasi, komunitas, lembaga atau semacamnya. maka jangan berpikir -apa yang akan kita dapatkan disini- melainkan, -apa yang dapat kita beri disini-

Maka, semenjak itu. Saya kembali memperbaharui niat. Selama saya mempunyai waktu.. selama itu dalam hal kebaikan, maka saya akan berusaha membantu apa yang bisa saya berikan dalam perkumpulan-perkumpulan yang saya ikuti.

Alhamdulillah dua tahun sebelum menikah, saya mendapat rezeki teman-teman shalih di suatu komunitas dakwah. dari situ saya berusaha memberikan tenaga, waktu dan potensi yang saya bisa untuk komunitas itu, semata lillahi ta'alaa.
namun betapa Maha Baiknya Allah. IA bukakan pintu rezeki untuk saya. selain mendapati banyak teman-teman yang mengingatkan pada kebaikan, saya juga mendapat kesempatan untuk masuk dalam dunia tulis-menulis. Dari mulai mengisi puisi - mengisi beberapa bab dalam buku sampai menulis skenario film. Alhamdulillahilladzii 'alaa kulli ni'matihii tatimus-shalihaat. Dan alhamdulillah sampai sekarang terus berlanjut, insyaaAllah hingga hari ini saya telah berkontribusi menulis dalam 6 buku yang semoga ada setitik kebaikan dan hikmah bagi pembaca; yang semoga akan menambah timbangan amal di akhirat kelak

Selain itu, saya juga tengah merintis usaha busana muslim syari via online bersama satu teman komunitas. Namun, sering naik turun. Saya merasa, semenjak hamil besar sampai sekarang waktu yang tersedia tidak cukup untuk mengurusi hijab online saya. Mengingat barang kami adalah produksi sendiri. Mulai dari membeli bahan dan memproduksinya menjadi khimar dan gamis siap pakai. Meskipun demikian, saya tidak ingin menyerah dan tutup. Saya akan belajar, berusaha dan memperbaiki kesalahan yang membuat usaha saya tidak konsisten.
Awal ingin membuka busana muslim online adalah membantu teman-teman yang ingin berhijab syari, agar  mudah mendapatkannya.

Namun, tetaplah keluarga adalah  prioitas. Karena amanah terbesar adalah dititipkannya pendamping hidup dan buah hati.


Misi Hidup: Sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Bidang: Seni (Karya Tulis) dan Entrepeneur (marketing online)

Peran: Inspirator dan Mompreneur


d. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Ilmu Agama: tauhid, tahsin, fiqih

2. Ilmu parenting: management waktu, pendidikan anak pada masa golden age

3. Ilmu Berwirausaha: management keuangan, marketing online


Maka, milestone yang akan saya tetapkan adalah sbb:
KM0 - KM1
Menguasai ilmu seputar Bunda Sayang

KM1 - KM2
Menguasai ilmu seputar Bunda Cekatan

KM2 - KM3
Menguasai ilmu seputar Bunda Produktif

KM3 - KM4
Menguasai ilmu seputar Bunda Shaleha


Karena, saya rasa ilmu-ilmu yang dicantumkan untuk menjalani misi hidup sudah terangkum pada kelas-kelas tahapan di Institut Ibu Profesional.


e. Koreksi kembalu checklist anda di NHW #2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

InsyaaAllah dalam waktu dekat ini, akan saya revisi, print dan pajang di tempat yang sering terlihat.


f. LAKUKAN, LAKUKAN, LAKUKAN!
Bismillaah.. biidznillaah..
Semoga bisa memperbaiki diri setiap hari dan lebih baik dari hari yang lalu.


doakan ya!
semangaat!


Tidak ada komentar: